Tugas Dan Fungsi

Share: Facebook Twitter

Rincian Tugas dan Fungsi

Dalam melaksanakan tugas Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga menjalankan fungsi sebagai berikut :

          a. perumusan kebijakan di bidang pariwisata, kebudayaan, kepemudaan dan keolahragaan;

          b. pelaksanaan kebijakan di bidang pariwisata, kebudayaan, kepemudaan dan keolahragaan;

          c. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan di bidang pariwisata, kebudayaan, kepemudaan dan keolahragaan;

          d. dinas di bidang pariwisata, kebudayaan, kepemudaan dan keolahragaan;

          e. pelaksanaan urusan administrasi umum, kepegawaian, keuangan, serta program dan pelaporan;

          f. perumusan  kebijakan pengelolaan dan pengamanan barang milik daerah yang menjadi tanggung jawab Dinas;

          g. perumusan inovasi terkait tugas dan fungsinya dalam rangka peningkatan pelayanan publik;

          h. pelaksanaan penilaian kinerja bawahan sebagai bahan pertimbangan pengembangan karier;

          i. pelaksanaan laporan/pertanggungjawaban kepada Bupati; dan

          j. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati terkait dengan tugas dan fungsinya.

Sesuai dengan uraian tugas dan fungsi tersebut, Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tuban memiliki susunan organisasi yang terdiri dari unsur : (a) Kepala Dinas; (b) Sekretariat; (c) Bidang-Bidang, serta (d) Unit Pelaksanan Teknis Dinas (UPTD), dengan tugas pokok dan fungsi sebagai berikut :

a. Sekretariat

Sekretariat dipimpin oleh sekretaris, yang berkedudukan dibawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Dinas, mempunyai tugas: Menyelenggarakan Administrasi Umum dan Kepegawaian, Keuangan serta Penyusunan Program dan Pelaporan, serta menjalankan fungsi :

  1. penyelenggaraan administrasi umum dan urusan rumah tangga;
  2. penyelerggaraan urusan pembangunan, pemeliharaan dan pengamanan bangunan serta fasilitas kantor;
  3. pelaksanaan tugas - tugas dan kehumasan dan keprotokolan;
  4. pelaksaraan tugas - tugas yang menyangkut hukum dan ketatalaksanaan;
  5. pengelolaan administrasi kepegawaian;
  6. penyelenggaraan administrasi keuangan;
  7. pelaksanaan penyusunan program dan laporan;
  8. pelaksanaan penyusunan dokumen perencanaan dan pelaporan akuntabilitas kinerja;
  9. penyelenggaraan pengelolaan dan pengamanan barang milik daerah yang menjadi tanggung jawab Dinas;
  10. pelaksanaan penilaian kinerja bawahan sebagai bahan pertimbangan  pengembangan karier;
  11. pelaksanaan laporan / pertanggungjawaban kepada Kepala Dinas; dan
  12. pelaksananfungsi lain yang diberikan oleh Kepala Dinas terkait dengan tugas dan furgsinya.

Sekretaris membawahkan dan mengkoordinasikan 3 (tiga) Sub Bagian sebagai berikut: (1) Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, (2) Sub Bagian Keuangan dan (3) Sub Bagian Program dan Pelaporan.

b. Bidang Pariwisata

Bidang Pariwisata dipimpin Kepala Bidang yang berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas, dengan tugas: Melaksanakan merumuskan kebijakan, melaksanakan koordinasi dengan perangkat daerah dalam menyusun program, petunjuk teknis dan melaksanakan pembinaan, pengawasan, pengendalian, pelaporan serta pelayananan administrative di bidang promosi pariwisata, pengembangan produk pariwisata, dan sumber daya pariwisata, serta fungsi yang harus dijalankan meliputi :

  1. perumusan dan penyusunan program, petunjuk teknis di bidang promosi pariwisata, pengembagan produk pariwisata, dan pengembangan sumber daya pariwisata;
  2. pelaksanaan koordinasi di bidang promosi pariwisata, pengembagan produk pariwisata, dan pengembangan sumber daya pariwisata;
  3. pelaksanaan pembinaan di bidang promosi pariwisata, pengembagan produk pariwisata, dan pengembangan sumber daya pariwisata;
  4. pelaksanaan pengawasan dan pengendalian bidang promosi pariwisata, pengembagan produk pariwisata, dan pengembangan sumber daya pariwisata;
  5. pelaksanaan pemeliharaan dan pengamanan barang milik daerah yang menjadi tanggung jawab bidang promosi pariwisata, pengembangan produk pariwisata, dan pengembangan sumber daya pariwisata;
  6. pelaksanaan penilaian kinerja bawahan sebagai bahan pertimbangan  pengembangan karier;
  7. Pelaksanaan laporan / pertanggungjawaban kepada Kepala Dinas; dan
  8. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas terkait dengan tugas dan fungsinya.

Bidang Pariwisata membawahkan dan mengkoordinasikan 3 (tiga) sebagai berikut: (1) Seksi Promosi Pariwisata, (2) Seksi Pengembangan Produk Pariwisata, dan (3) Seksi Pengembangan Sumber Daya Pariwisata.

c. Bidang Kebudayaan

Bidang Kebudayaan dipimpin Kepala Bidang yang berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas, dengan tugas: Melaksanakan merumuskan kebijakan,  melaksanakan koordinasi dengan perangkat daerah dalam menyusun program petunjuk teknis dan melaksanakan pembinaan, pengawasan, pengendalian, pelaporan serta pelayanan administratif di bidang pelestarian dan pengembangan budaya, pengembangan kesenian, dan sejarah, serta fungsi yang harus dijalankan meliputi :

  1. perumusan dan penyusunan program, petunjuk teknis di bidang pelestarian dan pengembangan budaya, pengembangan kesenian, dan sejarah;
  2. pelaksanaan koordinasi bidang pelestarian dan pengembangan budaya, pengembangan kesenian, dan sejarah;
  3. pelaksanaan pembinaan bidang pelestarian dan pengembangan budaya, pengembangan kesenian, dan sejarah;
  4. pelaksanaan pengawasan dan pengendalian bidang pelestarian dan pengembangan budaya, pengembangan kesenian, dan sejarah;
  5. pelaksanaan pemeliharaan dan pengamanan barang milik daerah yang menjadi tanggung jawab bidang pelestarian dan pengembangan budaya, pengembangan kesenian, dan sejarah;
  6. pelaksanaan penilaian kinerja bawahan sebagai bahan pertimbangan  pengembangan karier;
  7. pelaksanaan laporan / pertanggungjawaban kepada Kepala Dinas; dan
  8. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas terkait  dengan tugas dan fungsinya.

 Bidang Kebudayaan membawahkan dan mengkoordinasikan 3 (tiga) sebagai berikut: (1) Seksi Pelestarian dan Pengembangan Kebudayaan, (2) Seksi Pengembangan Kesenian, dan (3) Seksi Sejarah.

d. Bidang Kepemudaan

Bidang Kepemudaan dipimpin Kepala Bidang yang berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas, dengan tugas: melaksanakan merumuskan kebijakan, melaksanakan koordinasi dengan perangkat daerah dalam menyusun program petunjuk teknis dan melaksanakan pembinaan, pengawasan, pengendalian, pelaporan serta pelayanan administratif di bidang kepemudaan, serta fungsi yang harus dijalankan meliputi :

  1. perumusan dan penyusunan program, petunjuk teknisbidang pengembangan pemuda, organisasi kepemudaan serta kreatifitas dan kewirausahaan pemuda;
  2. pelaksanaan koordinasi bidang pengembangan pemuda, organisasi kepemudaan serta kreatifitas dan kewirausahaan pemuda;
  3. pelaksanaan pembinaan bidang pengembangan pemuda, organisasi kepemudaan serta kreatifitas dan kewirausahaan pemuda;
  4. pelaksanaan pengawasan dan pengendalian bidang pengembangan pemuda, organisasi kepemudaan serta kreatifitas dan kewirausahaanpemuda;
  5. pelaksanaan pemeliharaan dan pengamanan barang milik daerah yang menjadi tanggung jawab bidang Kepemudaan;
  6. pelaksanaan penilaian kinerja bawahan sebagai bahan pertimbangan  pengembangan karier;
  7. pelaksanaan laporan / pertanggungjawaban kepada Kepala Dinas; dan
  8. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Dinas terkait dengan tugas dan fungsinya.

Bidang Kepemudaan membawahkan dan mengkoordinasikan 3 (tiga) sebagai berikut: (1) Seksi Pengembangan Pemuda, (2) Seksi Organisasi Kepemudaan, dan (3) Seksi Kreatifitas dan Kewirausahaan Pemuda.

e. Bidang Keolahragaan

Bidang Keolahragaan dipimpin Kepala Bidang yang berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas, dengan tugas: melaksanakan merumuskan kebijakan, melaksanakan koordinasi dengan perangkat daerah dalam menyusun program petunjuk teknis dan melaksanakan pembinaan, pengawasan, pengendalian, pelaporan serta pelayanan administratif di bidang pembinaan dan pengembangan organisasi keolahragaan, pengembangan olahraga prestasi serta pelestarian olahraga tradisional dan berkebutuhan khusus, serta fungsi yang harus dijalankan meliputi :

  1. Perumusan dan penyusunan program, petunjuk teknis bidang pembinaan dan pengembangan organisasi keolahragaan, pengembangan olahraga prestasi serta pelestarian oalahraga tradisional dan berkebutuhan khusus;
  2. Pelaksanaan koordinasi bidang pembinaan dan pengembangan organisasi keolahragaan, pengembangan olahraga prestasi serta pelestarian oalahraga tradisional dan berkebutuhan khusus;
  3. Pelaksanaan pembinaan bidang pembinaan dan pengembangan organisasi keolahragaan, pengembangan olahraga prestasi serta pelestarian oalahraga tradisional dan berkebutuhan khusus;
  4. Pelaksanaan pengawasan dan pengendalian bidang pembinaan dan pengembangan organisasi keolahragaan, pengembangan olahraga prestasi serta pelestarian oalahraga tradisional dan berkebutuhan khusus;
  5. Pelaksanaan pemeliharaan dan pengamanan barang milik daerah yang menjadi tanggung jawab bidang Keolahragaan;
  6. pelaksanaan penilaian kinerja bawahan sebagai bahan pertimbangan  pengembangan karier;
  7. Pelaksanaan laporan / pertanggungjawaban kepada Kepala Dinas; dan
  8. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Dinas terkait dengan tugas dan fungsinya.

Bidang Keolahragaan membawahkan dan mengkoordinasikan 3 (tiga) sebagai berikut: (1) Seksi Pembinaan dan Pengembangan Organisasi Keolahragaan, (2) Seksi Pengembangan Olahraga Prestasi, dan (3) Seksi Pelestarian Olahraga Tradisional dan Berkebutuhan Khusus.

f. Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD)

Dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dibentuk Unit Pelaksanan Teknis Dinas (UPTD) sebagai unsur pelaksanan tugas teknis pada dinas, yang dipimpin oleh seorang kepala UPTD  yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Dinas, yang terdiri dari:

1. UPTD Tempat Rekreasi, mempunyai tugas : melaksankan kegiatan teknis operasisional dan/atau kegiatan teknis penunjang dinas untuk pengelolaan tempat rekreasi Bektiharjo, tempat rekreasi Pantai Boom dan tempat rekreasi Goa Akbar. Serta fungsi yang harus dijalankan meliputi :

  1. pelaksanaan perumusan kebijakan teknis di bidang kepariwisataan tempat rekreasi;
  2. pelaksanaan program dan peningkatan kegiatan bidang kepariwisataan tempat rekreasi;
  3. pelaksanaan operasional di bidang kepariwisataan tempat rekreasi;
  4. pembinaan dan pengawasan pengelolaan tempat rekreasi;
  5. penyelengaraan urusan administrasi keuangan, perlengkapan, kepegawaian, dan jabatan fungsional;
  6. penyelengaraan, pengelolaan,pemeliharaan pengamanan barang milik pemerintah  yang menjadi tanggung jawab UPTD Pariwisata;
  7. pelaksanaan penilaian kinerja bawahan sebagai bahan pertimbangan  pengembangan karier;
  8. Pelaksanaan laporan / pertanggung jawaban kepada kepala dinas; dan
  9. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas terkait dengan tugas dan fungsinya.

2. UPTD Museum dan Purbakala, mempunyai tugas : menyelerggarakan pendataan, inventarisasi, menyimpandan memelihara serta pembinaan pelestarian benda - benda purbakala dan pengelolaan museum serta memberikan subsidi/bantuan bagi kegiatan pelestarian bendabenda purbakala. Serta fungsi yang harus dijalankan meliputi :

  1. Pelaksanaan perumusan kebijakan teknis di bidang kemuseuman dan kepurbakalaan;
  2. Pelaksanaan program dan peningkatan kegiatan di bidang kemuseuman dan kepurbakalaan;
  3. Pelaksanaan operasional di bidang kemuseuman dan kepurbakalaan;
  4. Pengumpulan, pendataan, pengamanan, penyimpanan dan pemeliharaan barang-barang purbakala yaqng menjadi koleksi museum;
  5. Pelaksanaan pembinaan tentang pelestarian benda-benda purbakala;
  6. Pelaksanaan pengolahan museum sebagai penunjang pendidikan;
  7. Pelaksanaan pembangunan, rehabilitasi dan perawatan museum terhadap benda-benda cagar budaya;
  8. Fasilitasi kegiatan pelestarian benda-benda purbakala, serta pemanfaatannya;
  9. Penyelenggaraan pengelolaan, pemeliharaan dan pengamanan barang milik daerah yarg menjadi tanggung jawab UPTD Museum dan purbakala;
  10. Penyelenggaraan urusan adminisfrasi keuangan, perlengkapan, kepegawaian dan jabatan fungsional;
  11. Pelaksanaan penilaian kinerja bawahan sebagai bahan pertimbangan  pengembangan karier;
  12. Pelaksanaan laporan / pertanggungjawaban kepada Kepala Dinas; dan
  13. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas terkait dengan tugas dan fungsinya.

Komentar

comments powered by Disqus

Berita Terbaru

Berita Terpopuler